Waspada Penyakit Menyerang di Musim Pancaroba


Perubahan musim kemarau ke musim penghujan akhir-akhir ini sedang  terjadi di indonesia. Musim pancaroba adalah istilah untuk perubahan musim/cuaca yang tidak menentu/berganti-ganti. Dengan seiring datang nya musim ini biasanya juga disretai  berbagai macam penyakit. Banyak yang bilang bahwa musim pancaroba adalah musim panen penyakit, karena penyakit ini dapat menyerang siapa pun termasuk anak-anak atau orang dewasa.

Berikut ini beberapa pneyakit yang dapat menyerang kesehatan pada musim pancaroba :

1.       Infuenza

Influenza atau sering kita menyebut flu, biasanya paling umum di alami oleh kebanyakan orang saat musim pancaroba datang. Penyakit ini ditimbulkan oleh virus RNA (virus influenza) yang dapat menular bila masuk ketubuh orang lain melalui udara. Virus ini juga dapat menular pada mamalia dan unggas.

Gejala influenza sangat bermacam- macam mulai dari bersin-bersin, pusing kemudian demam. Pada anak-anak biasanya disertai mual dan muntah-muntah

2.       Diare

Diare biasanya ditandai dengan buang air terus menerus, dehidrasi, mual hingga muntah. Untuk itu sangat di anjurkan bagi penderita diare supaya banyak minum, agar cairan tubuh tetap terpenuhi, dan juga konsumsi makanan yang berserat. Diare di tularkan melalui virus atau bakteri. Selain anak-anak orang dewasa juga rentan dengan penyakit ini.


3.       Demam berdarah


Penyakit yang di sebabkan dari gigitan nyamuk Aedes Aegypti, yang membawa virus Dengue yang dapat ditularan kepada orang lain. Penyakit ini sangat perlu diwaspadai apalagi pada musim pancaroba/awal musim penghujan  biasanya banyak air tergenang yang dapat di jadikan sarang perkmbangbiakan nyamuk ini.

4.       Cikungunya

5.       ISPA (infeksi saluran pernapasan)

6.       Tifus
Perlu adanya penaganan serius untuk penderita penyakit ini, karena sangat berbahaya jika terlambat penanganan nya saja. Tifus adalah lanjutan dari dieare. Ini menyerang pada sistem iminutas tubuh dan juga sistem penceraan. Rasa lemas tak  tak bertenaga bisanya yang dirasakan oleh orang yang sakit tifus.

0 komentar