Mengenal Temu Lawak

Hai sahabat TAGOID, ngomong-omong  soal obat tradisional nih, kali ini admin akan membahas mengenai salah satu obat tradisional yang sangat populer di masyarakat. Seperti yang telah kita ketahui negara Indonesia ini memang banyak tumbuh rempah rempah yang selain digunakan untuk bahan bumbu masakan, namun  juga di gunakan untuk bahan pembuatan obat . 



Sudah dari jaman dahulu sejak nenek moyang kita telah mulai meracik ramuan (jamu) yang di gunakan untuk mengobati bergabai peyakit. Dari sekian banyaknya bahan-bahan tradisional dari rempah rempah kali ini admin akan membahas salah satu rempah yang sangat fenomenal di tengah tengah masyarakat kita yaitu Temu Lawak. Tumbuhan  yang satu ini memang tak diragukan lagi khasiatnya, telah terbukti dengan diciptakan nya berbagai obat obatan yang menggunakan temu lawak sebagai bahan dasarnya. Selanjutnya mari kita mengenal apa itu Temu Lawak.

Temu Lawak atau Curcuma Xanthorrhiza  adalah tumbuhan yang  tergolong dalam temu-temuan. Dalam bahasa jawa disebut temulawak, Sunda yaitu koneng gede, di Madura di sebut temu labak. Yang merupakan tanaman obat  yang biasanya di gunakan untuk bahan utama pembuatan  jamu (obat). Tumbuhan yang dapat tumbuh di dataran reedah hingga ketinggian 1500 mdpl ini sudah banyak yang membudidayakan untuk di olah menjadi jamu.
Ciri-ciri tumbuhan ini dapat tumbuh hingga 1 m, namun tidak mencapai 2 m. 

Tumbuhan ini dapat tumbuh dengan baik di tanah gembur, dengan suhu budi daya yang baik yaitu berkisar 19 OC  hingga 30 oC. Warna daun hijau/ keunguan, daging rimpangnya  berwarna jingga/kuning tua hingga gelap  kecoklatan. Selain rasa nya yang pahit daging rimpannya juga memiliki aroma yang menyengat. Khasiat Temulawak Untuk Kesehatan
Kandungan pada temu lawak diantaranya mngandung senyawa kimia berupa fellandrean dan tumerol yang terdapat pada batangnya. Selain itu, juga terdapat  kandungan lain seperti minyak atsiri yang  berkhasiat  meningkatkan produksi getah empdeu dan juga menekan  pembengkakan jarigan.  Kamfer, glukosida, foluymetik karbinol serta  kurkuminoid yang khasiatnya  beguna menetralkan racun, nyeri sendi, menurunkan kadar kolesterol sebagai anti oksidan dan anti bakteri, serta berkhasiat untuk mencegah pelemakan dalam sel-sel hati. 

Itulah uraian singkat mengenai karakteristik temulawak dan beberap  kasiat yang terkandung di dalamya untuk kegunaan dan fungsi kasiat  nya.  

Semoga tulisan ini dapat menjadi tambahan pengetahuan dan referensi. Terimakasih telah berkunjung. Silahkan baca juga... Khasiat Temulawak untuk Kecantikan

Sumber Gambar
www.sehat99.com
www.sinarharapan.coM
bibitonline.com

0 komentar