Khasiat Temulawak untuk Kecantikan

Hai sahabat TAGOID, masih dalam pembahsan yang lalu yaitu mengenai khasiat tanaman obat kaya khasiat. Ya, pada kesmepatan kali ini pembahasan kita akan berlanjut pada khasiat temulawak untuk kecantikan. Seperti artikel sebelumya tentang khasiat temulawak untuk kesehatan tubuh, tak di ragukan lagi jika bahan obat herbal ini di sebut sebagai obat kaya khasiat. Namun sudah kah kita tahu bahwa ada kandungan yang memiliki khasiat untuk kecantikan dalam temulawak ? pasti ada banyak yang belum mengetahuinya.


Disini akan kita bahas, kok bisa temulawak yang selama ini kita kenal sebagai obat jamu tradisional digunakan dalam dunia keceatikan dan bagaimana pemanfaatan nya ? namun sebelum kita lanjutkan mengenai khasiat temulawak untuk kecantikan, marilah kita review kembali kandungan yang terkandung pada rimpang rempah-rempah ini. Salah satu kandungan didalamnya adalah kurkuma yang mana memiliki khasiat sangat banyak salah satunya sebagai anti oksidan yang sangat bermanfaaat untuk menangkal radikal bebas, yang dapat berdampak buruk pada  kulit seperti kulit kusam, kulit keriput, penuaan dini dan lain sebagainya .


Secara umum manfaat untuk kulit dari temulawak yaitu untukmenjaga peremajaan kulit. Selain itu untuk manfaat yang lain untuk kecantikan adalah dapat mengatasi masalah kulit yang telah disebutkan diatas. Terdapat beberapa data yang menyebutkan bahwa temulawak dapat dijadikan untuk facial pada wajah namun alangkah baiknya apabila di konsumsi dalam bentuk pil suplemen atau minuman saja, yang mana manfaatnya tidak hanya akan berdampak pada kecantikan saja namun seluruh tubuh kita akan merasakan manfaat dari temulawak ini BACA. Apa Sih Temulawak itu ?

Kandungan  Phelandren pada temulawak juga berkhasiat untuk membantu pengeluaran toksin/ racun tubuh melalui air seni. Yang biasanya racun ini masuk melalui perilaku kita ynag kurang sehat


Untuk masalah kulit yang paling umum terjadi adalah masalah jerawat, ya tentunya dari berbagai kalangan dan usia pastinya pernah mengalaminya. Mengenai masalah ini kandungan temulawak sebenarnya dapat menjadi solusi untuk perawatan wajah berjerawat. Khasiatnya sebagai anti inflamasi yang berguna mencegah peradangan pada kulit yang menimbulkan jerawat dan juga dapat mengecilkan jerawat dengan cepat.
Selain dimanfaatkan dengan di buat minuman/rebusan temulawak, berikut ini cara pembuatan bedak temulawak untuk mengatasi kulit berjerawat.

Bahan :

1.    Tepung beras buatan sendiri
2.    1 jari temulawak
3.    Air
4.    Minyak zaitun
5.    Jeruk nipis

Caranya :
Bersihkan temulawak, iris kecil-kecil lalu tumbuk hingga halus. Campurkan juga tepung beras yang sudah disiapkan secukupnya, tambahkan air sedikit saja. Tambahkan perasan jeruk nipis bagi yang kulitnya berminyak dan berfungsi mencerahkan kulit. Dapat ditambahkan sedikit air bila masih terlalu keras. Tumbuk dan campurkan hingga semua bahan tercampur.

Cara pemakaian:
Usapkan pada wajah, gunakan selayaknya memakai masker, biarkan sampai mengering, kira-kira 15-25 menit hingga meresap kedalam kulit. Setelah itu bilas dengan air hangat dan bersihkan.

Bagi yang tidak ingin repot-repot membuat ramuan ini berulang-ulang, dapat  juga di buat menjadi bedak dingin. Caranya yaitu setelah semua bahan tercampur dan ditumbuk halus, buatlah bulatan-bulatan kecil yang kemudian di keringkan dan jadilah bedak dingin.
Untuk cara pemakaiannya sama, tinggal ambil beberapa butir bedak dingin, tambahkan air secukupnya  supaya bedak menjadi encer, lalu usapkan pada wajah yang berjerawat.
Sangat mudah bukan membuat bedak obat jerawat.

Itu dia beberapa khasiat dari temulawak untuk kecantikan, semoga tulisan ini dapat menjadi tambahan pengetahuan dan referensi. Terimakasih telah berkunjung.
Baca Juga Remaja Banyak Jerawat nya. Mengapa ?

0 komentar