Olahraga dan Fungsinya

Untuk menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh kita, maka diperlukan yang namanya olahraga. Pada kesempatan kali ini kita akan membahas olahraga dan manfaatnya. Seperti yang sudah kita ketahui banyak sekali jenis olahraga yang dapat kita lakukan, mulai dari yang berupa sebuah permainan seperti sepak bola,

bola basket, tenis, lari dan lain-lain. Namun tak hanya itu yang bisa disebut sebagai olahraga. Definisi   




Olahraga sendiri  adalah aktivitas untuk melatih tubuh seseorang, tidak hanya secara jasmani tetapi juga secara rohani (misalkan bermain catur). Olahraga fisik adalah bertujuan untuk melatih kebugaran serta kekuatan tubuh. Sedangkan olahraga rohani adalah bukan olahraga fisik, namun merupakan olahraga yang bertujuan untuk mengasah/melatih otak/kerohanian/jiwa yang juga bisa dilakuakan dengan melibatkan tubuh fisik. Pada dasarnya keduanya memiliki kedudukan yang sama untuk menentukan keberhasilan pekerjaan/rutinitas sehari-hari. Karena perlu adanya keseimbangan  diantara keduanya, maksdnya kita tidak boleh hanya melakukan salah satunya saja. Misalnya kita sangat rajin berolahraga fisik angkat barbel misalnya, namun itu saja belum cukup. Karena tubuh kita tidak hanya terdiri dari tubuh fisik saja namun tubuh batin (jiwa) juga perlu dilatih. Ibarat tubuh , tubuh fisik dan non fisik memiliki dan harus terpenuhi asupan nya masing-masing untuk dapat keduanya melakuakan tugasnya masing masing.
Fungsi olahraga fisik

Jenis olahraganya, push up, sit up, back up dan lain sebagainya. Ada juga olahraga yang berupa permainan seperti sepak bola, bola voli, basket dan yang lainnya. Fungsinya secara fisik dapat memperkuat tubuh, dan hoby.

Fungsi olahraga Otak

Jenis olahraga yang bertujuan bagaimana kita bisa  berfikir, menganalisa, membuat strategi dan mengambil kesimpulan. Jenis olahraga nya yang banyak kenal adalah bermain catur. Selain itu olahraga ini juga ada kaitannya dengan olahraga fisik. Apabila suatu kondisi fisik dapat memuaskan secara batin. Contohnya saat bermain bola selain kita di tuntut kita untuk membuat strategi, dan melihat peluang pada saat kita menjadikan itu sebagai hobi atau kesenangan. Secara langsung keduanya sekaligus, fisik dan batin kita sudah terpenuhi.


Tubuh Sehat Apabila



SEHAT ROHANI DAN JASMANI, suatu kondisi dimana kita dapat mengerjakan pekerjaan (fisik) dengan menggunakan pola berfikir yang baik (rohani), maka itulah yang disebut dengan tubuh yang sehat. Ada keseimbangan antara keduanya, berfikir sangat diperluakan untuk bertindak/melakukan pekerjaan.

(bersambung)

0 komentar