Mengenal Vitamin B dan Manfaatnya

Vitamin B merupakan vitamin yang tak kalah penting keberadaanya bagi kesehatan kita selain vitamin A, C, D, E, K. vitamin B atau lebih tepatnya disebut vitamin B kompleks, karena vitamin B dibagi menjadi yaitu vitamin B 1 ( thiamin), vitamin B 2 (riboflavin), vitamin B 3 (niacin), vitamin B 5 (asam pantotenat), vitamin B 6 (piridoksal), vitamin B 7 (biotin), vitamin B 9 (folat ), dan vitamin B 12 (cobalamin). Semua itu termasuk dalam  vitamin yang larut dalam air.

Artinya jika vitamin itu berlebih dalam tubuh maka dapat di keluarkan oleh tubuh kecuali vitamin B 12. Berikut beberapa manfaat dari mengkonsumsi vitamin B yang cukup bagi tubuh .

1. Menjaga Kadar Kolesterol yang Sehat
2. Memproduksu energi
3. Memelihara kesehatan kulit
4. Kesehatan rambut dan kuku
5. Pencernaan sehat
Gejala kekurangan vitamin B
1. Anemia
2. Kejang otot
3. Gangguan pada syaraf
4. Sariawan
5. Kesemutan, rasa tertusuk-tusuk, dan mati rasa di tangan, kaki atau di tempat lain.
6. Gangguan pencernaan
7. Prnyakit beri-beri
8. kegalan jantung (kekurangan vitamin B 1)


Sumber makanan kaya akan vitamin B kompleks 

Ikan, wortel , keju, almond, sayuran berdaun hijau, serta masih banyak lagi.
Peranan vitamin dalam tubuh sangatlah penting untuk kesehatan kita, untuk itu keberadaan vitamin B juga harus terpenuhi dengan cara mengkonsumsi makanan-makanan yang mengandung vitamin B tentunya. Namun yang perlu di perhaatikan vitamin B yang berlebih juga tidak baik. Oleh karena itu saat kita ingin mengkonsumi suplemen tambahan sebaiknya juga perhatikan dosis dan keperluan kita. Akan lebih baik juga apabila dalam mengkonsumsi suplemen sesuai anjuran dokter.

0 komentar