Mengenal Vitamin A dan Manfaatnya

Asupan vitamin dalam tubuh sangatlah penting, salah satunya adalah vitamin A. Vitamin yang sangat erat sekali hubungan nya dengan kesehatan mata ini memiliki rumus kimia C20H 30O. Vitamin A merupakan vitamin yang dapat larut dalam lemak.  Selain itu vitamin A juga dapat di gunakan sebagai bahan kecantikan tradisional alami. Orang dewasa yang kekurangan vitamin A sangat berpengaruh juga dengan kesehatan seperti gangguan pertumbuhan , gangguan pencernaan dan juga penyakit kulit.
Untuk anak-anak yang kekurangan vitamin A mereka akan sangat rentan terkena infeksi. Berikut ini kita akan mengetahui beberapa manfaat lain bagi kesehatan adalah sebagai berikut :

1. Bagi kesehatan mata


Sudah kita ketahui bahwa vitamin A sangat bermanfaat bagi kesehatan mata. Dengan keseharian kita yang selalu berhadapan dengan layar komputer dan bermain gaget adalah hal yang paling umum menjadi penyebab gangguan pada mata seperti rabun, lalu apabila itu dilakukan terus menerus, tentunya akan berdampak buruk pada mata kita. Oleh karena itu vitamin A dalam tubuh harus terpenuhi.
2. Fungsi vitamin A untuk memperkuat tulang, gigi dan gusi.
3. Vitamin A dapat mencegah petumbuhan sel kanker. Terutama kanker payudara yang sangat berbahaya.
4. Pegoptimal perkembangan dan pertumbuhan janin serta akan membentuk gen pada pertumbuhan embrio. Selain itu menurut World Health Organization (WHO) kekurangan vitamin A pada bayi merupakan faktor yang sangat berpengaruh pada angka kematian bayi. Bayi yang terlahir terlalu kecil atau berat badan yang rendah menandakan bahwa bayi itu kekurangan vitamin A. 

Sumber makanan


Hewani
sumber makan dari hewan beberapa antara lain hati, susu, ikan gabus, titang, baronang, lehoma, kepiting rajungan, sunu, dan lain-lain.
Nabati
Sumber makanan dari tumbuhan yang kaya akan vitamin A antara lain wortel, kangkung, bayam, kacang panjang, brokoli, sawi, paprika dan masih banyak lagi. Selain itu juga terdapat buah-buahan yang bayak kandungannya akan vitamin A seperti apel, buah naga, pepaya, pisang, melon, jambu biji dan masih banyak lagi.

0 komentar