Ini dia Buah dan Bahan Makanan Mengandung Zat Sianida

Sempat beberapa waktu yang lalu kita di gegerkan oleh berita mengenai kandungan sianida dalam kopi yang menyebabkan kematian. Yang kemudian menyebabkan ada beberapa pecinta kopi yang takut minum kopi lagi. Nah tau gak sih ternya ada beberapa bahan makanan dan buah yang mengandung sianida secara alami? Banyak orang yang belum paham mengenai hal ini. Untuk itu pada kesempatan kali ini kita akan membahas mengenai beberapa bahan makanan dan buah-buahan yang mengandung zat sianida.


sumber gambar : makassarterkini.com
Bagaimana sianida dapat berada pada buah ataupun bahan makanan secara alami ?
Sianida diproduksi oleh bakteri , jamur dan gaggang yang terdapat pada bebera buah, bahan makanan dan bahkan juga biji-bijian. Namun pasti beberapa dari kita akan berfikir, lalu apabila kita makan itu kita akan keracunan, kemudian menyebabkan kematian ?.
Tidak begitu juga.
Pastinya tergantung pada dosis atau kandungan zat tersebut yang masuk ketubuh kita. Sebenarnya dosia sianida dapat menyebabkan kematian adalah 1-2 mg per kg berat badan tubuh. Namun untuk sianida pada dosis yang lebih kecil pun juga dapat berdampak keracunan pada kita. Karena ini akan  berdampak otak dan jantung. Dengan gejala seperti kejang, sesak napas, hingga pingsan.
Namun tidak perlu khawatir dan risau kalau begitu kita tidak boleh sama sekali makan buah dan bahan makanan tersebut? Mari cari tahu.
Langsung saja berikut ini buah dan bahan makanan yang mengandung zat sianida menurut info yang admin peroleh dari alodokter.com.

1. Ketela
Ya, seperti yang kita ketahui ketela atau singkong itu terdiri dari singkong manis dan pahit. Nah singkong pahit atau semkin pahit rasa pada singkong berarti semkin banyaknya kandungan zat sianida nya. Menurut pengalaman admin sendiri memang benar dari beberapa kata saudara yang pernah makan singkong/supaya menghindari makan singkong yang pahit. Yang kata mereka itu beracun atau mendemi(jawa).

2. Kacang Almond
Meskipun tidak semua jenis kacang almond mengandun sianida. Namun perlu diketahui bahwa almond yang tumbuh liar mengandung suatu zat yang dapat melepaskan sianida saat di konsumsi.

3. Buah Apel
Siapa sangka jika apel mengandung sianida. Banyak pastinya yang belum tahu. Bagian tengah buah apel ternyata terdapat biji-biji kecil berwarna hitam yang mengandung suatu zat yang mana zat tersebut dapat melepaskan sianida saat bereaksi dengan enzim di pencernaan. 

4. Cherry Hitam
Buah cherry hitam biasanya banyak digunakan sebagai selai dan bisa juga untuk pelengkap masakan lainya. kandungan sianida dibuah cerry hitan ini terdapat pada bijinya. namun tidak perlu khawatir sianida yang terkandung ini aman untuk di konsumsi.

5. Peach
Pada peach sebenarnya kandungan sianida yang dapat dihasilkan dapat di tolelir tubuh. Namun dalam jumlah yang banyak dapat berdampak membahayakan bukan hanya pada manusia namun juga pada hewan.

Secara umum kandungan sianida pada buah ataupun bahan makanan lainya relatif kecil dan masih dapat di tolelir oleh tubuh kita. Namun yang perlu diperhatikan untuk menghindari dampak keracunan sianida dapat dilakukan adalah menghindari makanan/buah tersebut atau melakuan pengolahn yang tepat terlebih dahulu untuk menghilangkan sianida yang terkandung di dalamnya.
(Sumber : alodokter.com)

0 komentar