Vitamin C dan Manfaatnya

Vitamin C merupakan vitamin yang penting untuk menjaga kesehatan dan daya tahan tubuh kita. Sudah tak asing lagi bagi kita soal vitamin C adalah vitamin yang bayak di konsumsi dalam bentuk suplemen tambahan. Kebanyakan orang masih menganggap bahwa vitamin jenis ini hanya digunakan untuk menyembuhkan pilek atau flu. Namun sesungguhnya bukan hanya itu fungsinya.


Fungsi vitamin C dalam tubuh yang dikonsumsi sebagai obat flu sejatinya adalah untuk mempercepat proses peyembuhan dan juga untuk meningatkan imunitas tubuh. Bukan hanya flu sebenarnya namunpenyakit-penyakit ringan yang lain juga dapat di sembuhkan dengan banyak mengkonsumsi vitamin C.
Manfaat vitamin C untuk kulit Manfaat untuk kesehatan kulit, vitamin C dapat merangsang pembentukan kalogen pada kulit. Sedangakan kalogen dapat meremajakan kulit, sehingga kulit tidak kusam. Vitamin C dapat menahan air pada kulit (water holder) yang membuat kulit tetap lembab dan segar . Mengkonsumsi vitamin C secara tepat dan teratur dapat menghambat penuaan dini, menghaluskan kulit, mencerahkan kulit agar tetap terlihat bersih dan sehat. Kandungaan antioksidan didalam vitamin C dapat melindungi kulit dari paparan sinar matahari yang dapat menyebabkan kulit gelap dan kusam. Selain itu ,vitamin C melindungi tubuh dari infeksi dan membantu melawan radikal bebas.   

Salah satu masalah kulit yang paling umum adalah adanya jerawat dan bekas jerawat, nah dengan vitamin C yang sifatnya sebagai antioksidan dapat mencegah infeksi dan mempercepat proses penyembuhan serta berperan penting dalam pembentukan jaringan kulit baru.

Vitamin C adalah vitamin yang dapat larut dalam air yang berarti jika berebihan dalam tubuh maka akan dikeluaran tubuh.

Sumber Vitamin C yang terdapat pada buah dan sayur   


1. Stoberi (59 mg/100 gram)
2. Jeruk (48 mg/100 gram)
 3. Kiwi (100 mg/100 gram)
4. Sawi
5. Cabai (84 mg/100 gram)
6. Jambu biji (183 mg/ 100 gram)
7. Paprika
8. Blewah
9. Jeruk bali
10. Pepaya (62 mg/100 gram)
 11. Cabai (143,7 mg/100 gram)
12. Jambu moyet (265 mg/gram)





Selain dari makanan diatas, untuk memenuhi asupan vitamin C ada berbagai macam suplemen yang dapat di peroleh dari apotek atau toko obat dengan harga yang relatif murah.

0 komentar