Khasiat Temulawak Untuk Kesehatan

Sahabat TAGOID pada pemebahasan sebelumya kita sudah mengenal apa itu Temulawak dan uraian singkatnya. Dan pada kesempatan kali ini topik kita akan kita lanjutkan dengan bahasan mengenai manfaat dan khasiat dari Temulawak. Sudah kita ketahui dari jaman nenek moyang kita dahulu temulawak adalah salah satu rempah yang banyak dimanfaatkan untuk bahan pembuatan obat. 
Dan  sampai sekarang pun masih banyak pula obat-obat yang masih menggunakan temulawak sebagai bahan dasarnya. Ya, baik obat modern (obat yang dibuat pabrik) maupun obat tradisional (ramuan racikan sendiri), kasiat yang terkandung didalamnya tak bisa di ragukan lagi. Apalagi pada jaman modern seperti sekarang dengan dukungan teknologi yang makin berkembang kandungan dan kasiat dari bahan obat ini dapat dengan mudah diolah kemudian di sajikan dalam bentuk yang bermacam macam. Seperti suplemen, sirup, kapsul, obat herbal dan lain sebagainya yang di dalamnya mengandung ramuan temulawak. Nah pada kesempatan kali ini kita akan bahas mengenai manfaat  dari Rempah Kaya khasiat ini.

1.    Mengatasi masalah Pencernaan


Seperti yang sudah kita kenal bahwa dengan mengkonsumsi temulawak dapat menambah nafsu makan. Pada anak-anak biasanya yang mengalami masalah dengan susah makan, biasanya orang tua mereka memberikan temulawak untuk menambah nafsu makan. Ternyata  zat yang terkandung dalam temulawak dapat merangsang produksi empedu di kandung empedu, yang berguna meingkatkan pencernaan dalam mencerna makanan. Selain itu masalah pencernaan lain yang dapat diatasi seperti perut kembung dan dispepsia. Untuk masalah mag temulawak juga dapat digunakan dengan mengkonsumsi air rebusan temulawak secara rutin.

2.    Menjaga kesehatan fungsi hati



Manfaat selanjutnya yang terdapat pada temulawak adalah dapat menjaga dan menyehatkan hati. Hati merupakan organ vital yang sangat penting dalam tubuh kita. Dalam temulawak, terkandung zat katagoga. Katagoga adalah zat berkasiat untuk membantu hati  memproduksi empedu dan merangsang pengosongan kandung empedu.

3.    Atasi Kanker


Dalam jurnal ilmiah “The Prostat,” tahun 2001 sebuah penelitian, kandungan curcumin yang terkandung dalam temulawak dapat mengobati dan mencegah pertumbuhan sel kanker postat. Yaitu dengan menghentikan pertubuhan pembuluh darah pada sel kanker yang selanjutnya dapat menghentikan pertumbukan kanker itu sendiri.
4.    Berguna untuk mengurangi kelelahan otot

Bagi yang hobby olahraga terutama seperti angkat beban ataupun bentuk latihan yang lain, tentunya sering merasakan kelelahan pada otot setelah latihan. Namun tak perlu khawatir, dengan mengkonsumsi air rebusan temulawak kelelahan otot itu dapat teratasi. Pada poin ini berlaku juga untuk orang yang sibuk seharian beraktivitas dan capek, ramuan temulawak ini dapat menjadi altrnatif untuk masalah itu.

5.    Meredakan Asma

Ya, siapa sangka jika temulawak memiliki khasiat seperti itu. Untuk pendreita asma dapat mengkonsumsi larutan herbal dengan bahan temulawak. Caranya siapkan 1 rimpang temulawak cuci dan bersihkan, rebus dengan 5 gelas air. Untuk menambah rasanya tambahkan sedikit gula aren dalam air rebusan. Rebus hingga air nya tinggal setengah, lalu minum 3 kali sehari.

6.    Mengobati Hepatitis

Kandungan curcumin dalam rimpang ini berkasiat sebagai perlindungan/proteksi bagi penderita hepatitis yang berguna untuk memperlambat dan bahkan menghentikan perkembangan penyakit hepatitis yang di sebabkan oleh virus. Cara nya kupas dan bersihkan 2 jari temulawak iris-iris lalu rebus dengan sentengah liter air tambahkan sedikit gula untuk rasanya. Sampai airnya tinggal setengah baru dapat diminun dingin atau pun hangat, 3 kali sehari.

7.    Untuk sakit Ginjal

Penyakit ginjal akan menjadi sangat serius apabila tidak ditangani dengan serius pula. Meski begitu ramuan nenek moyang ini dapat menejadi alternatif pereda penyakit ginjal. Cara meramunya cukup mudah, siapkan temulawak, kumis kucing, dan daun kacabeling dengan komposisi masing-masing sama. Iris temulawak kecil-kecil dan rebus bersama kedua bahan yang lain dengan 1 liter air. Tunggu sampai mendidih, dinginkan lalu dapat di konsumsi 3 kali sehari secara rutin.

Itu dia beberapa khasiat dari tanaman obat penuh manfaat ini, semoga tulisan ini dapat menjadi tambahan pengetahuan dan referensi. Terimakasih telah berkunjung.
Baca juga...

Sumber :
http://manfaat.co.id/manfaat-temulawak
www.informasi-pendidikan.com
sharingdisini.com
www.ahlinyaobatherbal.com
m.radarpena.com
http://lifestyle.analisadaily.com

0 komentar